Rabu, 29 Agustus 2012

Fenomena Blue Moon di Bulan Agustus 2012

Di bulan Agustus ini akan ada sebuah fenomena unik yang akan terjadi. Fenomena itu disebut blue moon alias bulan biru. Apakah bulan akan benar-benar berubah warna menjadi biru ? Simak jawabannya di sini.
Ada fenomena blue moon di bulan Agustus karena bulan purnama terjadi dua kali dalam satu bulan. Benarkah bulan akan berubah warna menjadi biru ? Blue moon itu tidak punya makna fisis. Maksudnya cuma hanya untuk menyebut bulan purnama yang kedua. Jadi, setiap 2 atau 3 tahun itu akan terjadi kelebihan satu bulan. Artinya akan ada dua purnama dalam satu bulan.
Pada Agustus ini, purnama pertama terjadi pada 2 Agustus 2012 kemarin. Sedangkan purnama kedua akan terjadi pada tanggal 31 Agustus 2012. Nah,dan purnama kedua inilah yang disebut sebagai blue moon.

Dikutip dari space.com pada 1999, fenomena blue moon terjadi dua kali. Selanjutnya blue moon akan terjadi lagi pada Juli 2015 di mana purnama pertama pada 1 Juli dan purnama kedua terjadi pada 31 Juli 2015. Meski blue moon hanya sebatas istilah namun bukan berarti bulan tidak bisa berubah warna. Jika di bumi terjadi kebakaran hutan atau letusan gunung berapi, sesaat setelahnya bulan bisa terlihat berwarna kebiruan. Jelaga dan partikel abu yang tersimpan di atmosferlah yang terkadang bisa membuat bulan berwarna biru. Bulan terlihat kebiruan saat asap akibat kebakaran hutan yang luas di bagian barat Kanada. Fenomena itu terlihat di bagian timur Amerika Utara pada akhir September 1950. Demikian pula saat terjadi letusan gunung Pinatubo di Filipina pada Juni 1991, bulan juga dilaporkan berwarna biru. 


Bulan Biru juga terjadi setelah letusan Gunung St. Helen pada 1980 dan Gunung El Chicon di Meksiko tahun 1983. Di Indonesia, fenomena blue moon paling fenomenal pernah terjadi pada tahun 1883, ketika Krakatau meletus. Fenomena bulan berwarna biru ini terjadi karena abu yang dimuntahkan oleh krakatau didominasi oleh abu yang berukuran 1 mikron yang tersebar di udara dan atmosfer bumi, sebuah ukuran yang tepat untuk memantulkan spektrum warna merah matahari yang dipantulkan oleh permukaan bulan sehingga hanya warna selain warna merah atau kemerahan yang bisa sampai ke permukaan bumi dan yang paling dominan adalah biru dan hijau. Blue moon juga pernah terjadi pada 31 Juli 2004 dan 31 Desember 2009. Bulan ini belum tentu terlalu biru. Apa sih bedanya dengan bulan purnama biasa ?

Bulan purnama pertama 1 Agustus lalu merupakan bulan purnama yang sering dilihat pada umumnya, sedangkan bulan purnama kedua itu bernama Blue Moon. Blue Moon ini tidak memiliki perbedaan mendasar dari bulan purnama pada umumnya, namun perbedaannya hanya terletak di warna tampilannya saja.

Jadi, mari kita tunggu saja, Blue Moon yang akan terjadi pada 31 Agustus nanti... Jangan sampai terlewat peristiwa langka ini ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Ilham's Blog ! If you are a visitor, please leave a comment. Please give me the link or email in a comment.

If there is a broken link, a picture, or something in my blog, please tell me via chatbox or comment.

Please the comment doesn't contain elements of spam and SARA.

Subscribe