Sabtu, 15 September 2012

10 Tempat Terasing dan Terunik di Dunia

Pulau-pulau berikut tidak kalah unik dengan yang lainnya. Memiliki suatu keunikan membuat pulau ini menjadi pulau yang indah sekaligus patut untuk dikunjungi. Berikut 10 Pulau Terasing dan Terunik di Dunia pilihan Ilham's Blog :


1. Paskah Island



Sebuah pulau yang terletak di Polinesia di Samudra Pasifik tenggara, di tenggara sebagian besar titik segitiga Polinesia. Pulau Paskah secara luas dikenal dengan 887 patung-patung 
batu besar berkepala manusia yang masih ada, disebut moai. Dibuat oleh orang-orang Rapanui awal. Ini adalah Situs. Sejarah pulau telah mengalami jatuhnya ekosistem, dengan kepunahan banyak spesies prasejarah tersebut; peristiwa-peristiwa ini terkait dengan eksploitasi besar-besaran sumber daya di pulau itu.

2. Socotra Island



Jika anda berkesempatan mengunjungi pulau ini, Anda boleh saja terkejut dengan keadaan alam di pulau ini. Mirip sekali dengan berkunjung ke planet lain milik Alien. Pemandangan di Pulau Socotra yang terasing dari benua terdekat, benua Afrika selama 6 atau 7 Juta tahun ini, sangat unik. Di pulau ini terdapat 700 spesies flora dan fauna paling jarang dijumpai di dunia. Iklim di pulau ini sangat panas, dan kering. Pantai di pulau ini banyak terdapat gua, bahkan salah satu gua mencapai panjang 7 km, dan gunung di pulau ini mencapai tinggi 1525 meter,dan pokok usianya mencapai 20 juta tahun. 

3. Tristan da Cunha














Tristan da Cunha merupakan grup vulkanik pulau terpencil di Samudra Atlantik selatan, dan juga nama dari pulau utama kelompok itu. Ini adalah kepulauan  berpenghuni paling terpencil di dunia, terletak 2.816 kilometer dari daratan terdekat, Afrika Selatan, dan 3.360 kilometer dari Amerika Selatan. Tristan da Cunha dikatakan "lokasi berpenghuni paling terpencil di Bumi". Pulau ini memiliki populasi sebesar 275 penduduk.

4. Klikuk The Spotted Lake


Pada saat musim panas, air tasik ini, menyesat dan meninggalkan garam yang ada mengkristal, dan membentuk berbagai kolam kecil dengan berbagai warna, yang umumnya berwarna biru dan hijau. Kandungan mineral yang ada dalam air dan lumpur sangat membantu merawat sakit, sehingga suku Indian setempat sering menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk membuat rawatan.

5. Kiribati


Kiribati adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di tengah Samudra Pasifik. Terdiri dari 32 atol dan satu pulau karang, tersebar lebih dari 3.500.000 kilometer persegi, dan berbatasan dengan International Date Line di timur. Nama Kiribati adalah pengucapan lokal "Gilbert", berasal dari rantai pulau utama, Kepulauan Gilbert. Kiribati merdeka dari Britania Raya pada tahun 1979. Pulau Ini adalah anggota Commonwealth of Nations, IMF dan Bank Dunia, dan menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa di 1999. Di pulau terpencil ini tersedia air minum, makanan dan akomodasi untuk para wisatawan. Kiribati paling mudah dijangkau oleh udara dari Honolulu.

6. Pitcairn












Kepulauan Pitcairn merupakan kumpulan dari lima pulau, di mana hanya Pulau Pitcairn yang dihuni, yang terletak di selatan Samudra Pasifik, satu-satunya koloni Inggris di Pasifik. Kepulauan ini terkenal terutama karena penghuni aslinya ialah para pembajak kapal HMAV Bounty, serta warga Tahiti yang turut dibawa para pembajak, seperti yang diceritakan di novel Mutiny on the Bounty, yang menjadi tema beberapa film. Sejarah ini terlihat jelas melalui kebanyakan nama marga. Kepulauan ini juga merupakan negara (walaupun belum merdeka) dengan jumlah penduduk yang paling sedikit di dunia dengan sekitar 47 penghuni (9 keluarga).


7. Salar De Uyuni



Adalah tempat yang mungkin paling indah (sekaligus aneh) di dunia. Salar de Uyuni merupakan daratan garam terluas di dunia. Saking luasnya daratan garam ini, Salar de Uyuni dijuluki dengan sebutan gurun garam. Salar de Uyuni memiliki luas sekitar 10.582 km². Dengan dataran seluas itu, Salar de Uyuni diperkirakan memiliki kandungan garam sebanyak 10 miliar ton, dengan kandungan lithium sebesar 9 juta ton. Daerah dengan padang garam terbesar di dunia, termasuk juga gunung berapi yang aktif, dan dataran gletser, dengan berbagai kejadian fatamorgana unik yang membuat and
a merasa tinggal di planet lain.


8. Saint Helena





Saint Helena adalah sebuah pulau di sebelah selatan Samudra Atlantik, 2.800 km sebelah barat pesisir Angola. Pulau ini merupakan bagian dari Saint Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha, suatu wilayah seberang laut Britania Raya, bersama dengan Ascension dan Tristan da Cunha. Pulau Saint Helena termasyhur karena Napoleon Bonaparte pernah dibuang di sini. Ia berada di pulau ini antara tahun 1816 dan meninggalnya pada tahun 1821. Jumlah penduduk St. Helena tercatat pada tanggal 1 September 2006, yaitu : 3.926 jiwa.

9. The Stone Forest 



Hutan Batu yang dalam bahasa aslinya dikenali Shilin, adalah batuan keras yang diterpa oleh air secara terus menerus dan mengikis bebatuan yang ada dan meninggalkan bentuk berupa tiang-tiang. Tempat ini dikenali semenjak dinasti Ming dan dianggap sebagai 'Keajaiban Dunia Pertama'.

10. Galapagos










Kepulauan Galápagos atau Galapagos saja adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 13 pulau-pulau berapi dan bebatuan yang terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan. Secara politis, Galapagos merupakan bagian dari Ekuador. Pulau tertuanya berusia sekitar 4 juta tahun dan yang termuda masih sedang dalam proses pembentukan. Galapagos memang merupakan salah satu daerah gunung berapi yang paling aktif di dunia. Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar dan penelitian yang dilakukan Charles Darwin yang membawanya menemukan teori seleksi alam. Galapagos ditetapkan sebagai cagar alam pada 1959, melindungi 97,5% wilayah kepulauan ini. Sisanya diberikan kepada pemukiman manusia yang sudah ada pada waktu itu. Sekitar 1.000 hingga 2.000 orang tinggal di sana. Pada 1972 sebuah sensus dilakukan dan sejumlah 3.488 jiwa tercatat. Hingga 1980-an, jumlah ini telah meningkat hingga 15.000 orang.Kepulauan ini dibagi kepada dua belahan: utara dan selatan khatulistiwa. Garis khatulistiwa melewati bagian utara pulau terbesar, Isabela.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Ilham's Blog ! If you are a visitor, please leave a comment. Please give me the link or email in a comment.

If there is a broken link, a picture, or something in my blog, please tell me via chatbox or comment.

Please the comment doesn't contain elements of spam and SARA.

Subscribe