Senin, 05 November 2012

Beberapa Fakta Unik tentang Google



Google menjadi hebat seperti saat ini tak lepas dari kerja keras dua pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin. Saat mereka berdua mendirikan Google, ternyata Google ditolak oleh banyak sekali perusahaan. Untungnya, dua tahun kemudian, tahun 2000, Google bisa menghasilkan laba 7 juta dolar setahun. Tahun 2004 labanya meningkat menjadi 12 juta dolar sebulan. Dan di tahun 2005, keuntungan mereka 2 juta dollar sehari. Dan meningkat terus tiap tahun sampai sekarang. Dan ternyata, banyak kisah menarik tentang Larry dan Sergey tentang google itu sendiri seperti yang ditulis dalam buku "Google Story". Berikut fakta unik dibalik pembuatan Google : 

1. Larry Page dan Sergey Brin awalnya bermusuhan.

Sebagai orang yang bisa dibilang sama-sama cerdas, Larry Page dan Sergey Brin adalah dua orang yang sering berdebat satu sama lain meskipun untuk urusan kecil seperti siapa yang harus menutup pintu. Ternyata mereka bertengkar bukan karena membenci satu sama lain, melainkan mereka terbiasa untuk kompetitif satu sama lain. Tetapi dari pertengkaran kecil mereka selalu diakhiri tertawa bersama2. Pendiri Google pernah frustasi. 




Setelah berturut-turut ditolak AltaVista, Excite, dan yang terakhir YahooLarry Page dan Sergey Brin sama-sama frustasi. Buat mereka Teknologi Page Rank Google seperti layu sebelum berkembang. Mereka tidak pernah bermimpi Google akan bisa sebesar sekarang. Saat itu pikiran mereka cuma satu : menyelesaikan Phd mereka secepatnya dan menyempurnakan Google sambil jalan. Bahkan saking frustasinya, pernah Google tidak dilirik selama 1 minggu. Astaga.

3. Larry Page ingin membuat Alat Transportasi otomatis, Sergey Brin ingin membuat koloni di Mars. 

Ini di kemudian hari memang benar-benar diwujudkan. Setidaknya, berusaha diwujudkan. Ide Larry dimulai dengan proyek mobil listrik, ide Sergey diwujudkan dengan Project Virgle.

4. Cerita Palsu untuk nama perusahaan 

Nama asli Google dipublikasikan oleh perusahaan sebagai cerita salah tulis dari kata Googol yang artinya angka 1 diikuti 100 angka nol dibelakangnya menjadi Google. Padahal, menurut bocoran salah seorang karyawan awal Google, sebenarnya kata Google berasal dari kata “Go Girl !”, dimana Sergey Brin suatu saat memperoleh ide tersebut ketika sedang menonton pertandingan olahraga dengan para Cherleader yang meneriakkan kata Go Girl ! Go Girl ! (gogel).

Cerita meragukan ini didukung 2 fakta: 

-Sergey Brin suka menonton para Cherleader dan 
-Google mensponsori para Cherleader dengan memasang tulisan Google di kaos para Cherleader. 

5. Larry Page dan Sergey Brin menggojlok Eric Schmidt ketika pertama berkantor di Google




Larry Page dan Sergey Brin bersekongkol mengerjai Eric dengan cara membagi-bagikan secara gratis kartu kredit perusahaan ke para karyawan. Tentu saja Eric pusing, dan dapat pekerjaan tambahan: menarik kembali kartu kredit tersebut dari para karyawan yang juga berusaha menyembunyikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Ilham's Blog ! If you are a visitor, please leave a comment. Please give me the link or email in a comment.

If there is a broken link, a picture, or something in my blog, please tell me via chatbox or comment.

Please the comment doesn't contain elements of spam and SARA.

Subscribe