Minggu, 27 Oktober 2013

Fenomena Alam Semesta Penantang Black Hole

Pernahkah anda mendengar istilah "Black Hole"? Benda langit yang merupakan sebuah celah gelap di ruang angkasa yang menghisap seluruh objek yang ada di sekelilingnya dan melemparnya ke ruang antah berantah. Kini sejumlah ilmuwan menyebutkan bahwa pernah ada bukti akan adanya lawan dari "Black Hole".

 
Dialah "White Hole" atau lubang putih yang tidak menghisap objek di sekelilingnya, namun memuntahkan material yang berasal dari tempat antah berantah ke alam semesta kita. Alam semesta kita sendiri merupakan tempat yang luas dan menyimpan banyak misteri dan lubang hitam merupakan salah satu hal yang paling tidak masuk akal yang hadir di dalamnya. Namun secara logis, lubang hitam seharusnya bisa dibalikkan. Artinya, ada sesuatu yang memuntahkan material, bukan menghisapnya.

Lubang putih beroperasi dengan modus yang berbeda dengan lubang hitam. Mereka mendadak muncul dalam masa waktu yang singkat. Mereka melontarkan sejumlah material ke alam semesta lalu mereka sendiri hilang dan tidak tampak lagi. Perilakunya sangat sulit untuk diamati. Namun peneliti yakin bahwa mereka telah menemukan salah satu di antaranya.


 
Pada tahun 2005 lalu, sebuah tembakan sinar gamma berhasil terekam namun ia tidak hadir bersama dengan supernova yang umumnya memicu hadirnya lontaran sinar gamma tersebut. Ada kemungkinan, ia hadir akibat runtuhnya sebuah lubang putih. Yang menarik seputar "White Hole" adalah pembentukan material mereka serupa dengan apa yang disebut "Big Bang" yaitu merupakan fenomena terbentuknya seluruh alam semesta kita ini. Ini membuat "White Hole" dijuluki sebagal ‘Small Bangs’.

White hole tidak memiliki koordinat ruang dan waktu yang pasti dan tidak bisa dideteksi sama sekali. Mereka bisa secara mendadak muncul kapan saja, di mana saja dan melakukan aktivitas mereka sebelum kembali menghilang. Sejauh ini, keberadaan "White Hole" dan juga "Black Hole" memang masih bersifat dugaan sementara. Akan tetapi, "Black Hole" juga hanya merupakan dugaan sampai keberadaannya benar-benar diketahui pada beberapa dekade terakhir. Dan seperti yang diucapkan oleh fisikawan Murray Gell-Mann, apapun yang tidak dilarang adalah wajib. Artinya, setidaknya dari sudut pandang mekanikal kuantum, lubang putih pasti ada di salah satu sudut alam semesta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Ilham's Blog ! If you are a visitor, please leave a comment. Please give me the link or email in a comment.

If there is a broken link, a picture, or something in my blog, please tell me via chatbox or comment.

Please the comment doesn't contain elements of spam and SARA.

Subscribe