Minggu, 26 April 2015

Oksigen di Laut Mulai Berkurang




Suhu yang ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini menyebabkan oksigen yang ada di beberapa laut di dunia berkurang. Beberapa daerah di perairan dalam mulai kekurangan kadar oksigen. Sebagai akibatnya, beberapa penghuni laut punah atau memungkinkan perubahan adaptasi makhluk laut.

Zona yang minim oksigen sebenarnya memang sudah ada. Akan tetapi, karena iklim yang ekstrem, zona ini terus meluas. Dahulu zona mati dapat ditemui di Teluk Meksiko, sekarang sudah menyebar hingga di sebagian wilayah Pasifik Timur, Teluk Benggala, wilayah Atlantik, dan lepas pantai Afrika Barat dan mungkin akan menyebar lagi.
 

Menurut penelitian, daerah rendah oksigen ini telah meluas lebih dari 4,5 juta km2 dalam 50 tahun terakhir. Hal ini diakibatkan serta pengasaman laut. Padahal, oksigen bersifat dinamis dan terus mengalami perubahan karena beragam faktor. Munculnya oksigen di lautan terjadi karena dua cara, yakni fotosintesis atau percampuran udara dengan air yang disebabkan angin dan gelombang. Perluasan kawasan zona mati disebabkan karena dorongan suhu. Air hangat yang menyebabkan oksigen larut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Ilham's Blog ! If you are a visitor, please leave a comment. Please give me the link or email in a comment.

If there is a broken link, a picture, or something in my blog, please tell me via chatbox or comment.

Please the comment doesn't contain elements of spam and SARA.

Subscribe