Rabu, 11 Desember 2013

Ternyata, NASA Menemukan Oksigen di Saturnus

 


Saturnus, planet keenam di tata surya kita, yang termasuk planet kedua terbesar setelah Planet Jupiter ini, belakangan ini diketahui memiliki satelit alami yang memiliki kandungan oksigen. Dia adalah Dione. Ketika itu, Pesawat Luar Angkasa NASA, Cassini, secara tidak sengaja menemukan kandungan oksigen di atmosfer planet ini, walaupun tipis. 

Jika di Bumi, Oksigen dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan, bakteri, dan plankton, di Dione berasal dari es yang mendesis dan menghasilkan oksigen dan uap air melalui partikel yang terionisasi secara cepat dikarenakan tarikan medan magnet yang kuat. 

" Saturnus memiliki medan magnet yang cukup intens dengan banyak hal terionisasi berputar sangat cepat, " kata rekan studi penulis, Robert Tokar.



Dari data yang dianalisis Cassini pada tahun 2010, juga menemukan kadar oksigen yang tipis menyelubungi satelit Saturnus yang lain, Rhea. Demikian juga dengan dengan satelit yang dimiliki Jupiter, diantaranya Ganymede, Lo, dan Europe. 




Walaupun demikian, manusia tetap tidak mungkin hidup disini dikarenakan suhu yang terlalu ekstrem, yakni -121 F (-186 C). Tetapi, para peneliti dari NASA masih mencari lebih detail lagi bagaimana proses pembentukan oksigen di bulan ini. 

" Jika Anda berbicara tentang suatu tempat seperti Europe - Bulan Jupiter - dimana oksigen yang dihasilkan dengan cara ini mungkin bisa datang dari dalam kontak dengan permukaan laut, di mana ada karbon, maka Anda bisa mengetahui kehidupan mikroba, " Tokar menjelaskan.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Ilham's Blog ! If you are a visitor, please leave a comment. Please give me the link or email in a comment.

If there is a broken link, a picture, or something in my blog, please tell me via chatbox or comment.

Please the comment doesn't contain elements of spam and SARA.

Subscribe