Sabtu, 16 November 2013

Kiper-Kiper Inggris yang Sering Blunder

Kiper merupakan pemain yang bermain untuk menjaga gawang agar timnya tidak kemasukan sebuah gol. Menjadi seorang kiper tidaklah mudah, apa lagi mengawal gawang Tim Nasional (Timnas). Mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menjadi seorang kiper, karena dituntut memiliki respon yang cepat dan selalu siap dalam kondisi apa pun. Sosok kiper merupakan pemain yang paling penting dalam sebuah tim. Selain merupakan pemain yang paling berpengaruh untuk membangkitkan mental rekan-rekannya, kiper juga dicap sebagai pemain yang harus menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Tetapi bagaimana jika kiper sering melakukan blunder? Inilah yang terjadi pada kiper-kiper Timnas Inggris dan berikut ini kiper-kiper yang sering melakukan blunder :

1. David Seaman 




Dia merupakan penjaga gawang Timnas Inggris tahun 1988-2002.Tahun 2002 saat gelaran Piala Dunia di Korea-Jepang, Seaman menjadi bahan perbincangan dunia akibat blunder yang sering dilakukannya. Ketika Inggris bertemu dengan Brasil di babak perempatfinal, dia salah mengantisipasi tendangan bebas yang dieksekusi oleh Ronaldinho. Akibat kesalahan itu, The Three Lions tersingkir dari Piala Dunia 2002. Walaupun sering melakukan blunder, dia tetap dipercaya memimpin gawang. Namun, dia malah mengulangi kesalahan yang sama saat melawan Makedonia. Kala itu, dia salah mengantisipasi sepak pojok yang mengakibatkan gawangnya kebobolan. Sejak saat itu, dia tidak dipercaya lagi mengawal gawang Inggris.

2. David James 


 
Pria yang kini berusia 43 tahun itu memperkuat Inggris sejak tahun 1997-2010. James pernah melakukan kesalahan fatal di tahun 2004. Kala itu Inggris bertemu Austria di laga kualifikasi Piala Dunia 2006. James gagal menghentikan 'bola mudah' hasil tedangan jarak jauh Andreas Ivanschitz.

3. Paul Robinson 


 


Pada 11 Oktober 2006. mantan kiper Tottenham Hotspur ini melakukan kesalahan fatal. Dia gagal menendang back pass dari Gary Neville hingga bola masuk ke gawangnya sendiri. Alhasil, Inggris pun kalah 2-0 dari Kroasia.

4. Scott Carson





Kroasia kembali jadi mimpi buruk kiper Inggris. Kejadian itu terjadi pada tanggal 21 November 2007 saat kualifikasi Piala Euro 2008. Akibat kesalahan kiper, Inggris gagal lolos ke Euro 2008. Ketika itu, Carson gagal menangkap bola tendangan jarak jauh Niko Kranjcar yang seharusnya bisa diantisipasi dengan mudah. Akibat kesalahan itu, Inggris kalah 3-2 atas Kroasia.

5. Robert Green 

 


Penerus Carson, Robert Green, menambah daftar panjang kiper timnas Inggris yang sering melakukan blunder. Kejadian itu terjadi pada Piala Dunia tahun 2010, Inggris bertemu Amerika Serikat di penyisihan Grup C. Pada menit ke-40, Green tidak sempurna menahan tendangan Clint Dempsey dari luar kotak penalti sehingga si kulit bundar yang bergerak liar, melewati garis gawang.

6. Joe Hart  

 
  
Kiper Manchester City ini terakhir kali melakukan blunder untuk negaranya pada Bulan Agustus 2013. Ketika itu Inggris menjamu Skotlandia di Stadion Wembley. Pendukung Timnas Inggris yang hadir di stadion dibuat terkejut dengan kesalahan fatal yang dilakukan Joe Hart. Proses kesalahan itu bermula dari sepak pojok. Bola muntah dan jatuh di luar kotak penalti, dikuasai oleh Morrison. Dari luar kotak penalti, sang gelandang melepaskan tendangan yang mengarah tepat ke dada Joe Hart. Sang kiper tampaknya ragu memutuskan; menangkap atau menepis bola. Di detik terakhir, kiper berusia 26 tahun itu memilih menepisnya dengan lengan bagian bawahnya. Bola tak mampu ditepis sempurna dan tetap menembus gawang. Untungnya, Inggris tetap menang dengan skor tipis 3-2.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Ilham's Blog ! If you are a visitor, please leave a comment. Please give me the link or email in a comment.

If there is a broken link, a picture, or something in my blog, please tell me via chatbox or comment.

Please the comment doesn't contain elements of spam and SARA.

Subscribe