Sabtu, 15 Maret 2014

Misteri Hilangnya Pesawat MAS MH370 Milik Malaysia




Kejadian hilangnya Pesawat MAS MH370 milik Malaysia ini telah hilang selama 8 hari. Beragam spekulasi muncul. Salah satunya karena dibajak oleh 2 penumpang yang membawa paspor curian. Ingin melihat spekulasi yang lain? Berikut ini yang mungkin terjadi pada pesawat bertipe Boeing 777-200 versi Ilham's Blog :



1. Tidak ada sinyal bahaya

Pengendali lalu lintas udara Malaysia, Subang Air Traffic Control, tidak menerima sinyal bahaya dari pesawat. Baik pilot maupun co-pilot biasanya melakukannya jika mereka ada masalah. Seorang ahli keselamatan penerbangan Inggris sampai mengatakan, sesuatu yang dinilai 'luar biasa' terjadi pada pesawat itu apabila tidak ada catatan panggilan darurat. Pesawat telah berada sekitar 35.000 kaki ketika kehilangan kontak, sehingga seharusnya pilot memiliki banyak waktu untuk melaporkan masalah teknis.


 

2. Belum ditemukan puing-puing pesawat
Hal ini menjadi penting, karena setelah pesawat MAS MH370 dinyatakan hilang, masih belum ditemukan puing-puing. Puluhan kapal dan pesawat udara dari 11 negara telah menjelajahi Laut China Selatan untuk mencari tanda-tanda dari pesawat itu namun belum menemukan sesuatu. Beberapa pihak memang telah menyatakan telah menemukan beberapa serpihan di lokasi tertentu, namun belum ada konfirmasi dari pihak yang berwajib yang menyatakan benar bahwa itu adalah puing pesawat.


3. Pilot lain mendengar suara bergumam dan ada gangguan ketika ia mencoba untuk menghubungi pesawat MAS MH370
Seorang pilot pesawat lain di sekitar penerbangan pesawat MAS MH370 mengatakan, ia mendengar suara bergumam dan gangguan ketika mencoba untuk menghubungi pesawat yang hilang itu. Pilot itu mengatakan pesawatnya yang menuju Bandara Internasional Narita, Tokyo, Jepang, mampu melakukan kontak menggunakan frekuensi darurat.

"Suara yang kami dengar itu bisa saja pilot Captain Kapten Zaharie (Ahmad Shah, 53) atau co-pilot Fariq (Abdul Hamid, 27), tetapi aku yakin itu co-pilot. Ada banyak gangguan suara, tetapi aku mendengar bergumam dari ujung lain. Itu terakhir kali kami mendengar dari mereka, karena kami kehilangan koneksi," katanya kepada New Sunday Times.


4. Pesawat mencoba berputar balik

 

Para perwira militer mengatakan tengah menyelidiki kemungkinan pesawat MAS MH370 mencoba kembali dari rute yang dijadwalkan sebelum menghilang. Sinyal radar menunjukkan pesawat mungkin telah mencoba mengubah arah kembali ke Kuala Lumpur.


5. Ada penumpang bisa naik pesawat dengan menggunakan paspor curian
Tercatat dua nama dalam manifes penerbangan, yaitu Luigi Maraldi, warga Italia berusia 37 tahun, Christian Kozel, warga Austria berusia 30 tahun. Keduanya mengaku kehilangan paspor beberapa waktu lalu di Thailand. Interpol terus berkomunikasi dengan sejumlah negara yang terlibat untuk mencoba untuk menetapkan identitas sebenarnya dari penumpang yang naik pesawat dengan dokumen curian.
Dinyatakan ia adalah seorang warga Iran berusia 19 tahun, yang berusaha untuk berimigrasi ke Jerman.


 

6. Mungkin ada hubungannya dengan terorisme

Beberapa orang berspekulasi bahwa pesawat itu menjadi sasaran serangan teroris. Penumpang di pesawat MAS MH370 berasal dari 14 negara, sebagian besar warga negara China. Belakangan ini, sejumlah etnis minoritas di China telah melancarkan serangan teror terhadap kepentingan negara itu. Kelompok etnis Uighur yang sebagian besar Muslim, terkonsentrasi di provinsi utara - barat Xinjiang, memiliki hubungan erat dengan budaya Asia Tengah dan telah berjuang untuk kemerdekaan dari China. Beberapa waktu lalu kelompok tersebut dituding melakukan serangan kekerasan di sebuah stasiun kereta api China.

 

7. Ada spekulasi jika ponsel penumpang masih berdering
Seorang kerabat dari penumpang asal China yang ada di penerbangan itu mengaku berhasil menghubungi saudaranya itu via telepon genggam. Dikatakan, telepon itu tersambung tetapi tidak ada jawaban.



8. Ada tumpahan minyak yang ditemukan di laut


 

Pesawat milik Angkatan Udara Vietnam melaporkan telah menemukan dua titik genangan minyak di perairan Laut China Selatan, lokasi yang diduga kuat sebagai titik hilangnya kontak pesawat MAS MH370. Genangan minyak tersebut memiliki diameter 10 hingga 15 kilometer. Masing-masing genangan terpisahkan 500 meter. Disebutkan, genangan-genangan itu berada sekitar 140 km di selatan Pulau Tho Chu, Provinsi Kien Giang, Vietnam. Tapi setelah sampel genangan minyak itu diteliti, ternyata itu bukanlah berasal dari bahan bakar milik pesawat MAS MH370 yang hilang.


Mungkinkah salah satu dari 8 spekulasi diatas adalah penyebabnya. Wallahualam.

 

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Ilham's Blog ! If you are a visitor, please leave a comment. Please give me the link or email in a comment.

If there is a broken link, a picture, or something in my blog, please tell me via chatbox or comment.

Please the comment doesn't contain elements of spam and SARA.

Subscribe