Sabtu, 14 Juni 2014

Piala Dunia 2014, All in One Rhythm



Piala Dunia baru saja dimulai. Dengan mengangkat slogan "All in One Rhythm", piala dunia yang diadakan untuk kedua kalinya di negara Brazil ini,merupakan Piala Dunia FIFA ke-20. Brazil menjadi negara kelima yang pernah menyelenggarakan Piala Dunia lebih dari satu kali, selain Meksiko, Italia, Perancis, dan Jerman. Turnamen ini juga merupakan Piala Dunia FIFA pertama yang diselenggarakan di Amerika Selatan sejak Argentina pada tahun 1978. Sebelumnya tidak ada negara Amerika Selatan yang menyelenggarakan Piala Dunia FIFA lebih dari satu kali.
Tim yang bertanding berjumlah 32 negara yang telah lolos melalui persaingan kualifikasi yang dimulai pada bulan Juni 2011. Sebanyak 64 pertandingan akan dimainkan di dua belas kota di Brazil. Dan untuk pertama kalinya di putaran final Piala Dunia, pertandingan akan dilangsungkan menggunakan teknologi garis gawang. Jadi, apabila bola telah melewati garis gawang, kamera yang telah dipasang di tempat tertentu akan mengirim sinyal ke jam tangan wasit dan "goal". Teknologi ini sudah diuji coba berkali-kali dan akan mengirimkan sinyal tidak sampai 1 detik.

Inilah teknologi garis gawang :












Maskot yang dipakai pada Piala dunia kali ini adalah seekor Armadillo yang diberi nama Fuleco. Armadillo adalah hewan khas dari Amerika Selatan yang melindungi dirinya dari predator dengan cara menggulung menyerupai bola. Maskot tersebut dipilih dari 47 desain yang dibuat oleh enam agen Brasil. 

Maskot yang saat itu tidak memiliki nama pertama kali dikenalkan kepada publik pada saat segmen berita acara Brasil Fantástico. Pemungutan suara secara online dilakukan guna untuk menentukan nama dari tiga calon nama yang disediakan, dengan nama pemenang yang diumumkan pada 25 November 2012 : 1.7 juta orang (sekitar 48 persen) memilih nama Fuleco, diikuti Zuzeco (31 persen) dan Amijubi (21 persen). "Fuleco" merupakan singkatan dari kata "Futebol" ("Football") dan "Ecologia" ("Ecology"). Karena pada saat itu kata -eco sangat populer di Brasil. Dua nama yang tidak terpilih adalah Amijubi ("Amizade"="Friendship" dan "Júbilo"="Joy") serta Zuzeco ("Azul"="blue" dan "Ecologia" ="Ecology").

Lalu, bola resmi Piala Dunia 2014 adalah Adidas Brazuca. Nama itu dipilih oleh pemungutan suara yang memperoleh lebih dari 1 juta suara dari penggemar sepak bola di Brasil. "Brazuca" mendapat lebih dari 70 persen jumlah suara. Adidas, pemasok bola resmi pertandingan Piala Dunia sejak 1970, mendapatkan inspirasi dari unsur budaya Brasil, dua bola lainnya yang dipilih adalah Bossa Nova dan Carnavalesca.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Ilham's Blog ! If you are a visitor, please leave a comment. Please give me the link or email in a comment.

If there is a broken link, a picture, or something in my blog, please tell me via chatbox or comment.

Please the comment doesn't contain elements of spam and SARA.

Subscribe